Assalamualaikum
Warahmatullahi Wabarakatuh

Saya Intan Fauzi,
Anggota DPR RI 2019-2024
Dapil Kota Bekasi & Depok

Ini Dia, 10 Kuliner Depok Yang Bisa Anda Icip-Icip Saat Bertandang Kesana

kuliner depok

Mungkin Anda tinggal atau lagi mampir di Depok, dan bingung lagi mau makan apa? ga usah kuatir, kami sahabat intan yang kerjanya memang muterin Depok siap menjawab pertanyaan anda.
berikut adalah 10 kuliner Depok rekomendasi sahabat Intan.

#1: Ayam Bakar Christina

Foto dok: id.openrice.com

Apabila Anda ingin mencicipi kuliner Depok bisa jadi tempat  ini dapat menjadi  tujuan pertama karena sudah cukup legendaris  yakni berdiri sejak tahun 1986. Restoran yang menyajikan khas  Sunda tersebut juga  berlokasi strategis di jalan Margonda Raya sehingga mudah dicapai.

Dalam setiap penyajiannya,  ayam bakar  Christina dikucuri perasan jeruk nipis terlebih dahulu, dan saat menyantapnya dicocol dengan sambal yang pedas, sehingga banyak pengunjung yang merasa ketagihan ketika menikmati kuliner Depok yang satu ini

Selain menu utamanya adalah ayam bakar, tersedia juga pepes ikan mas, pepes ikan kembung, pepes jamur, pepes tahu, pepes teri hingga  pepes oncom. Dari segi kenyamanan, tempatnya bersih  dan harganya cukup terjangkau tak salah jika kuliner Depok ini selalu rame pengunjung dan menjadi andalan mahasiswa sejak dulu.

peta lokasi:

#2: Es Pocong

Foto dok: hargapromo.id

Jika Anda  siang hari dalam suasana terik saat mencari kuliner Depok, tepat rasanya jika bertandang ke warung Es Pocong yang juga masih berada di jalan Margonda Raya ini. Sebenarnya nama Pocong sendiri karena dulu letaknya ada di dalam gang di daerah Kober yang dalam bahasa betawi berarti kuburan.Tapi sekarang Es Pocong sudah berada di ruko yang cukup nyaman.

Es Pocong adalah campuran dari bubur sumsum, es batu, pisang dan sirup Tjampolay. Saat mulai berjualan hanya ada 1 jenis Es pocong, sekarang sudah ada varian Es Pocong yaitu Es Pocong Redberry dan Es Pocong Blueberry. Kuliner Depok ini juga memliki menu-menu minuman yang terdengar unik seperti seperti Vodoo, Velvet, Kolor Ijo, Hantu Laut dan lain-lain.

peta lokasi:

 

 

#3: Bebek Tik Tok Van Depok

 Foto dok: ardiansyah taher / kompasiana.com

Pemburu kuliner Depok jika ingin menikmati sensasi yang sedikit berbeda bisa mampir ke tempat ini. Pasalnya hidangan yang disajikan berupa menu hasil persilangan itik dengan entok  bernama Tiktok yang menghasilkan daging yang lebih gurih, empuk dan tidak amis. Bebek Tiktok juga telah diklaim lebih sehat dan rendah kolesterol.

Restoran bebek Tiktok terletak di Jl. Haji Usman Kukusan, Kota Depok serta memiliki cabang di Jalan Margonda Raya ini menyediakan berbagai jenis masakan bebek Tiktok mulai dari goreng, panggang, hingga sup sayap dan leher. Selain menu masakan bebek, kuliner Depok ini juga menyediakan Sop Duren Margonda dengan berbagai varian topingnya yang menjadikan sop duren ini cukup laris dipesan pengunjung.

peta lokasi:

 

 

#4: Pempek Oky

Foto dok: id.openrice.com

Jika ingin menikmati salah satu kuliner Depok yang terkenal  dan legendaris, Anda juga bisa menyambangi  Pempek Oky  yang berada di kawasan Beji  dan sudah berdiri sejak 1984. Saking legendarisnya, warga Depok pasti sudah akrab dengan kedai pempek yang setiap hari Sabtu dan Minggu selalu dijejali pengunjung tersebut.

Dari segi tempat, Pempek Oky sepertinya tidak menjual suasana namun yang membuat kuliner Depok ini ramai tentu saja racikan pempek dan cukanya. Salah satu yang patut Anda coba tentu saja pempek kapal selam yang menjadi favorit pengunjung. Anda bisa juga mencicipi pempek lain, yakni pempek Adaan yang menggunakan campuran bumbu bawang putih, bawang merah, dan lada. Atau bisa juga memesan pempek sosis, pempek tahu, atau pempek kulit ikan.

peta lokasi:

 

 

#5: Nasi Timbel Si Teteh

Foto dok: foody.id

Berada di tanah Sunda sepertinya juga harus mencicipi makanan khas-nya. Nasi Timbel Si Teteh yang berada di jalan Tole Iskandar ini rupanya sudah menjadi kuliner Depok yang sangat direkomendasikan oleh sejumlah pihak. Nasi Timbel si Teteh tersaji diatas piring rajutan bambu dialasi daun pisang dengan beragam lauk pauk ayam kampung goreng, tempe, tahu, ikan asin, lalapan, sambal terasi dan ditambah sayur asem.

Jika anggota keluarga yang lain ingin mencoba lauk utamanya selain ayam kampung goreng, warung ini juga menyediakan nasi timbel lauk empal. Tersedia juga pepes ikan mas dan pepes peda. Nasi timbel si teteh dikenal sebagai kuliner Depok memiliki cita rasa khas karena merupakan resep turun temurun dari sang pemilik.

peta lokasi:

 

 

#6: Soto Bu Tjondro

Foto dok: www.houseofsacrificedpk.org

Tempat menikmati kuliner Depok yang satu ini memang mengandalkan sotonya. Meskipun di resto yang berada di Jalan Sersan Aning, Pancoran Mas, Depok tersebut  tidak hanya menjual soto saja, melainkan banyak hidangan lain yang tidak kalah lezatnya, seperti ayam kremes, nasi gudeg, nasi rames, dan masih banyak hidangan lezat lainnya.

Selain terkenal dengan hidangannya yang maknyus, resto soto Bu Tjondro juga memiliki ruang makan yang cukup nyaman, terdapat dua tempat makan yaitu lesehan dan menggunakan kursi. Disini juga disediakan tempat bermain buat anak-anak. Jadi untuk keluarga yang berburu Kuliner Depok dan membawa anak kecil tidak usah khawatir.

peta lokasi:

 

 

#7: Bakso Hitam Pak Bewok

Foto dok : phinemo.com

Menikmati semangkuk Bakso lezat dan unik juga bisa didapatkan ketika ingin menjelajahi kuliner Depok.  Bawa kendaraan Anda menuju daerah Beji, disana akan menemukan warung bakso bernama Pak Bewok yang memiliki ciri khas kuah berwarna hitam. Sehingga pelanggan biasa menyebutnya dengan nama bakso comberan atau bakso sampah.

Warna hitam pada kuah bakso ini berasal dari kluwek yang menghasilkan kaldu mirip seperti kuah rawon. Rasanya jadi unik dan gurih yang dihasilkan dari perpaduan antara rasa bakso dan kuah rawonnya. Bakso ini juga disajikan dengan potongan tulang belulang ayam yang memenuhi mangkok bakso. Di musim penghujan saat ini tampaknya sangat pas menikmati kuliner Depok Bakso pak Brewok hangat-hangat.

peta  lokasi:

 

 

#8: Pondok Laras

Foto dok: http://rumahkuyangkedua.blogspot.com

Apabila bertandang sembari mencari kuliner Depok beserta keluarga, Anda bisa mengunjungi restaurant ini  yang memang sengaja dikonsepkan untuk makan bersama keluarga atau pasangan. Suasana dan menu makanan yang ditawarkan merupakan favorit masyarakat Depok yang ingin menikmati santapan makan malam.

Restaurant yang berada di  bilangan Kelapa Dua Depok ini menyediakan menu-menu masakan dan minuman khas Jawa-Sunda dan mempunyai saung-saung terapung  dan suasana yang romantis. Jadi yang ingin berduaan menikmati kuliner Depok pun bisa menghabiskan malam mingguannya di tempat ini.

peta lokasi:

 

 

#9: Mie Ayam Berkat

Foto dok: foody.id

Kawasan Jalan Margonda Raya memang menjadi urat nadi dan pusat keramaian termasuk juga sebagai wilayah Kuliner Depok.  Sebab di tempat ini ada terdapat juga Warung Mie Ayam yang legendaris bernama Mie Ayam berkat. Beragam variasi menu Mie Ayam tersaji  dan tersedia juga olahan seperti Kwetiau hingga Nasi Goreng.

Salah satu menu andalan dari Mie Ayam Berkat adalah mie ayam hijau. Warna dari mie tersebut didapat dari sari tumbuhan bukan sintesis.  Untuk topingnya tergolong standar berupa isian ayam dan bawang goreng namun demikian rasanya sudah dibuktikan oleh generasi pengunjung yang turun temurun  dari orang tuanya yang dulu saat remaja berkuliah di UI hingga anaknya yang kini bersekolah di tempat itu juga.

peta lokasi:

 

 

#10: Martabak Bangka Ko Hery

Foto dok: id.openrice.com

Para pencari kuliner Depok yang ingin menikmati kudapan bisa singgah ke Martabak Bangka Ko Hery yang sudah tenar karena kelezatannya dan terletak di Jalan Arief Rahmat Hakim, kota Depok. Gerai martabak ini selalu ramai dengan pengunjung yang biasanya memesan martabak keju dan kacangnya yang  terkenal itu.

Untuk menemukan lokasi Martabak Bangka Ko Hery, rupanya gampang-gampang susah. Sebab bila tidak terlalu memperhatikan sekali, mungkin gerai ini tak terlihat karena cukup samar dengan toko-toko di sekitarnya. Namun para pemburu kuliner Depok dapat menggunakan sebuah petunjuk yakni  adanya kerumunan orang yang sedang mengantre di sebuah depan toko di pinggir jalan tersebut.

peta lokasi:

Demikian rekomendasi dari kami sahabat intan, tentunya karena keterbatasan waktu, tidak semua bisa kami cicipi. jika sahabat punya rekomendasi kuliner depok, silahkan share dibagian komen ya.

Terbaru

Sanksi Sosial dan Efek Jera

Hj Intan Fauzi, SH, LL.MAnggota DPR RI, Dapil Kota Bekasi dan Depok Salah satu sanksi yang tercantum dalam Instruksi Presiden No. 6 Tahun 2020 tentang