Berita

Hutan Bambu: Arena Piknik Baru Warga Bekasi

Hutan Bambu: Arena Piknik Baru Warga Bekasi

Piknik atau bepergian ke suatu tempat untuk bersenang-senang memang sudah menjadi kebutuhan penting, terutama bagi masyarakat perkotaan.  Namun demikian, salah satu hal yang jarang ditemukan di kawasan tersebut adalah tempat wisata bernuansa alam. Dan beruntung lah Bekasi, karena baru saja dibuka Hutan Bambu, sebuah konsep wisata alam ditengah kota untuk menyegarkan jiwa dan raga setelah penat menjalani aktivitas di hari kerja.

Hutan Bambu yang lokasinya terletak  di pinggir Kali Bekasi RW 26, Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur kini menjadi destinasi wisata baru bagi warga Bekasi sejak dibuka pada awal November lalu. Dikabarkan bahwa wisata alam di Kota Bekasi ini kian ramai dikunjungi warga, terlebih di tiap akhir pekan.

Hutan Bambu seluas total 2,6 hektare ini dilengkapi dengan sejumlah fasilitas penunjang berupa tempat parkir,perahu boat, zona bermain anak, saung pertemuan dan Wi-Fi gratis serta mushola. Wisata andalan di lokasi itu adalah transportasi sungai, penakaran burung hingga Dermaga Cinta yang sering dipakai para wisatawan untuk ber-selfie.

Untuk menuju ke lokasi ini, wisatawan dari Jakarta dan Depok bisa keluar dari Gerbang Tol Bekasi Barat lalu mengarah ke Jalan Chairil Anwar kemudian masuk ke Jalan Letjen Sarbini, Kelurahan Margajaya Bekasi Selatan. Setelah itu bisa menyeberang menggunakan perahu eretan. Wisatawan juga bisa melewati Jalan RA Kartini kemudian berbelok di gang Ranun 1 atau 2 Kelurahan Margahayu, Bekasi Timur.

Keberadaan Hutan Bambu  tentu dapat meningkatkan pendapatan dari sektor wisata bagi Pemerintah Kota Bekasi serta mendongkrak perekonomian warga sekitar karena akan muncul berbagai sentra usaha baru bagi masyarakat yang menetap disekitar wisata alam tersebut.

Misalnya saja, pendapatan dari lahan parkir kendaraan dan munculnya tempat-tempat makan. Warga di RW 26 Kampung Bekasi Jati juga banyak yang diberdayakan sebagai pengendara perahu dengan bayaran Rp 10 ribu per penumpang.

Seiring peningkatan jumlah wisatawan yang datang ke Hutan Bambu itu ternyata muncul juga sejumlah hal yang dikeluhkan. Di tempat wisata baru ini sejumlah wisatawan mengeluhkan kurang fasilitas saung. Rupanya tidak sedikit yang telah menyiapkan santapan untuk dimakan bersama, tapi terpaksa menunggu giliran untuk bergantian menempati saung.

Perlu ditingkatkan jumlah keberadaan kamar mandi atau toilet juga sempat diutarakan oleh wisatawan yang sempat datang datang ke Hutan Bambu tersebut. Fasilitas penting seperti ini sangat penting bagi kenyamanan wisatawan. Bahkan keberadaan kamar mandi  atau toilet yang memadai juga harus diimbangi dengan pengelolaan kebersihannya. Jangan sampai menjadi jorok dan kotor.

Seperti yang dilansir oleh Warta Kota, bahwa Wakil Walikota Bekasi, Tri Adhianto mengakui memang masih banyak perbaikan dan peningkatan yang harus dilakukan di area wisata  ini.”Ya banyak yang harus kita benahi, tentunya akan kita tingkatkan agar bisa lebih bagus,” katanya.

Sedangkan anggota DPR RI Intan Fauzi dalam kunjungannya ke Margajaya dan Margahayu dekat lokasi Hutan Bambu menambahkan perlunya mempermudah akses termasuk perlunya membangun jembatan baru hingga arus barang dan jasa bisa lebih lancar.

Ia mengungkapkan niat baik Pemkot Bekasi mengembangkan wisata Hutan Bambu ini mengingat wilayah Kota Bekasi masih minim area rekreasi keluarga.

“Semua potensi yang ada di Kota Bekasi kita kembangkan. Termasuk Hutan ini. Kita munculkan jadi destinasi murah meriah bagi warga. Wisata ini juga memiliki nilai edukasi, manfaat dan keberkahan bagi perekonomian warga sekitar,” jelasnya.

Tri Adhianto juga merasa takjub atas antusias masyarakat  terutama warga Bekasi dan masyarakat diluar Bekasi  seperti Depok dan dari Jakarta dalam mengunjungi tempat wisata ini. Beliau berujar akan melengkapi terus semua fasilitas disana termasuk akses jalan. Juga rencana akan disiapkan bus pariwisata untuk menuju ke lokasi.

Jadi saat weekend ingin pergi kemana wahai warga Bekasi dan Depok? Jika masih bingung mau liburan kemana, barangkali bisa mencoba berkunjung Hutan Bambu. Pokoknya tempatnya instagramable.

Hutan Bambu Bekasi

Hutan Bambu Bekasi

 

Anggota DPR RI meninjau Hutan Bambu Bekasi

 

warna warni Hutan Bambu Bekasi

 

 

Hutan Bambu Bekasi

Jalan Setapak Hutan Bambu Bekasi

 

Hutan Bambu Bekasi

Selfie di Dermaga Cinta Hutan Bambu Bekasi

 

Hutan Bambu Bekasi

Papan penanda Hutan Bambu Bekasi

Ada jembatan cinta yang cukup indah bagi pasangan ingin membuat foto prewed atau baru rencana ingin melamar pacarnya.  Bagi yang masih single atau jomblo bisa menjadi momen seru bercengkerama di Hutan Bambu agar persahabatannya makin langgeng.

 

Lokasi Hutan Bambu Bekasi bisa anda lihat di peta berikut

Dokumen foto: Atmago.com & FB Fanpage Intan Fauzi

BAGIKAN:

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.