Assalamualaikum
Warahmatullahi Wabarakatuh

Saya Intan Fauzi,
Anggota DPR RI 2019-2024
Dapil Kota Bekasi & Depok

Intan Fauzi: Cinta Barang Kita, Benci Produk Luar Negeri?

Anggota MPR RI/DPR RI Fraksi PAN Hj Intan Fauzi, SH, LL.M



TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA РMemproduksi dan membeli produk dalam negeri adalah salah satu upaya menyelamatkan perekonomian Indonesia di tengah pandemi Covid-19.

Khususnya produk para pelaku usaha di Indonesia dan banyak menggunakan komponen bahan baku dalam negeri.

Demikian dikemukakan Anggota DPR RI, Hj Intan Fauzi SH LLM, kepada pers di Jakarta, Jumat (5/3/2021).

“Berbagai insentif dari pemerintah bagi para pelaku usaha yang banyak menggunakan komponen dalam negeri sangat bermanfaat, sebagai bentuk keberpihakan pemerintah pada produk lokal, bukan semata mata menggaungkan benci produk luar negeri,” ujar Intan Fauzi.

Di sisi lain, politisi PAN ini mengatakan pemerintah berupaya meningkatkan ekspor dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional, sehingga kampanye benci produk asing tidak akan efektif.

“Era pasar bebas saat ini memungkinkan semua negara bisa melakukan transaksi perdagangan tanpa adanya barrier (hambatan),” ujarnya.

Intan Fauzi mengatakan yang harus dilakukan saat ini adalah membangkitkan semangat seluruh elemen untuk berkontribusi pada percepatan pemulihan ekonomi nasional, dan membangun loyalitas konsumen terhadap produk tanah air.

“Pada akhirnya akan berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi, membuka lapangan kerja yang lebih banyak, dan sebagainya,” ujarnya.

Guna memenangi persaingan yang sangat ketat, Intan Fauzi mengatakan produsen Indonesia harus membuat produk yang berkualitas, harga kompetitif, sehingga konsumen memiliki pilihan dan makin mencintai produk dalam negeri.

“Bangga dan cinta terhadap produk lokal akan meningkatkan rasa Nasionalisme. Untuk itu, anak bangsa harus merebut pangsa pasar/jumlah penduduk Indonesia yang sangat besar. Kita harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Jangan sampai pangsa pasar yang besar ini dikuasai produk asing,” katanya.

Dijelaskan bahwa upaya mewujudkan rasa cinta terhadap produk dalam negeri bisa dilakukan dengan berbagai cara.

“Menggunakan dan membeli produk negeri sendiri merupakan salah satu cerminan sikap mental yang nasionalis selain cinta Tanah Air dan cinta bangsa,” katanya.

“Sebuah kata bijak kuno mengatakan Tidak ada bangsa besar keluar sebagai pemenang kalau tidak mencintai negeri sendiri,” kata Intan Fauzi menambahkan.

Sehingga menurut Intan Fauzi sangat penting memprioritaskan produksi dalam negeri, maka praktis ekonomi kerakyatan bisa bertumbuh.

Seruan Jokowi

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta agar kampanye cinta produk-produk Indonesia terus digaungkan.

Bersamaan dengan itu, ia ingin agar ajakan untuk membenci produk-produk luar negeri disuarakan.

Jokowi menyampaikan hal itu saat membuka rapat kerja nasional Kementerian Perdagangan tahun 2021 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (4/3/2021).

“Ajakan-ajakan untuk cinta produk-produk kita sendiri, produk-produk Indonesia, harus terus digaungkan, produk-produk dalam negeri. Gaungkan juga benci produk-produk dari luar negeri,” kata Jokowi.

Jokowi menyebutkan, kampanye cinta produk Indonesia dan benci produk luar negeri penting dikumandangkan supaya masyarakat loyal terhadap hasil karya anak negeri.

“Bukan hanya cinta, tapi benci. Cinta barang kita, benci produk dari luar negeri. Sehingga, betul-betul masyarakat kita menjadi konsumen yang loyal sekali lagi untuk produk-produk Indonesia,” ujarnya.

Sumber: https://www.tribunnews.com/nasional/2021/03/05/intan-fauzi-cinta-barang-kita-benci-produk-luar-negeri?page=all



Terbaru