Berita

Menanti Realisasi Janji Kang Emil Bangun 2 Flyover Untuk Depok

Menanti Realisasi Janji Kang Emil Bangun 2 Flyover Untuk Depok

DEPOK-Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menjanjikan kado spesial bagi warga Depok. Hadiah itu berupa dua flyover yang diharapkan bisa mengurai kemacetan di kota belimbing itu.

Menurut gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu, bantuan tersebut masuk pada program hibah pemerintah provinsi kepada Kota Depok. Karena kemacetan parah masih terjadi terutama di ruas jalan protokol di Depok yaitu Margonda, Juanda, dan Dewi Sartika, khususnya pada hari libur.

“Jatah dua fly over untuk mengatasi kemacetan di Kota Depok. Silakan pilih lokasinya,” kata Emil, saat kegiatan salat subuh keliling di Masjid Al Ikhlas Parung Bingung, Kelurahan Rangkapanjaya Baru, Pancoranmas, akhir pekan kemarin.

Pembangunan fly over sebagai bentuk mengatasi kemacetan di Depok dan kemajuan Jawa Barat. Selain itu, Emil juga akan membangun aksesibilitas atau infrastruktur jalan menuju tempat pariwisata yang ada di Kota Depok.

Terkait pariwisata, Emil juga akan memberikan hibah bantuan keuangan sekitar Rp 40 miliar untuk revitalisasi Situ Rawa Kalong, serta akan menghibahkan bus pariwisata. “Saya petakan Depok ini banyak danau (situ) tapi kurang tertata,” ucapnya.

Bantuan lainnya untuk Depok yaitu hibah renovasi dua pasar tradisional. Emil ingin pasar tradisional di Depok bersih dan tertata dengan baik. “Ciri pasar tradisional berhasil kalau orang kaya, emak-emak kinclong mau selfie di pasar,” katanya.

Saat dikonfirmasi, Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan, Pemkot Depok akan mengirimkan surat kepada Emil untuk memastikan pernyataannya mengenai rencana pembangunan dua flyover di Depok.

Idris mengaku belum mendapatkan penjelasan resmi dari Emil terkait rencana tersebut. “Kami akan bersurat dulu ke beliau. Ini ada ketentuan dan prosedur birokrasinya,” ujar Idris.

Senada dengan Idris, Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok Dadan Wihana mengaku belum mendapatkan informasi resmi apakah Emil jadi merealisasikan pembangunan dua flyover di Depok ini atau tidak.

Namun, jika hal tersebut dilaksanakan, Pemkot Depok melalui Dishub Depok mengusulkan agar dua flyover dibangun di Jalan Dewi Sartika dan sekitar kawasan Stasiun Citayam.

Dipilihanya dua lokasi itu berdasarkan tingkat kepadatan kendaraan yang tinggi di sana.

VC ratio (perbandingan volume kendaraan dengan kapasitas jalan) pada jam sibuk di dua kawasan itu mencapai 0,9 atau hampir masuk kategori kepadatan lalu lintas tinggi. Belum lagi, ada pelintasan sebidang kereta api di dua lokasi tersebut membuat kemacetan semakin parah.

Dadan mengatakan, pihaknya belum melakukan kajian terhadap persentase pengurangan kemacetan lalu lintas di dua lokasi tersebut. Namun, Dadan yakin flyover yang dibangun dapat mengurai kemacetan di sana.

“Belum ada kajian dampak, tetapi saat ini jika jam sibuk VC ratio-nya sudah mencapai 0,9,” pungkasnya.

 

 

 

 

BAGIKAN:

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.