Assalamualaikum
Warahmatullahi Wabarakatuh

Saya Intan Fauzi,
Anggota DPR RI 2019-2024
Dapil Kota Bekasi & Depok

10 Tempat Wisata di Bekasi Yang Murah? Ini Daftarnya!

tempat wisata di bekasi

Menghabiskan akhir pekan atau menikmati waktu liburan anak-anak ternyata tidak selalu harus mengeluarkan biaya yang menguras isi dompet Anda. Sebab kami dari tim sahabat Intan telah berkeliling di wilayah Bekasi dan akhirnya menemukan tempat wisata di Bekasi yang murah meriah. Bahkan ada pula yang gratis namun tetap bisa menghibur Anda dan sekeluarga.

Penasaran? Berikut ini 10 tempat wisata di Bekasi yang menjamin kantong Anda tidak akan jebol!

 

#1: Taman Kota Bekasi

Atmago.com

Mencari tempat wisata Bekasi yang bisa menghadirkan pemandangan hijau dan asri ternyata tidak jauh-jauh. Karena telah hadir taman kota yang berada di pusat kota Bekasi yakni di alun-alunnya dan sudah menjadi tempat rekreasi dan olahraga favorit bagi warga Bekasi.

Khususnya pada hari Sabtu dan Minggu, di taman yang terdapat setidaknya 300 batang lebih pohon besar aneka jenis ini sudah dapat dipastikan selalu dipadati pengunjung, baik itu untuk kegiatan olahraga, gathering komunitas, atau sebagai tempat nongkrong anak-anak muda.

Anda dan keluarga tidak usah khawatir soal fasilitas publik, sebab telah tersedia seperti WC umum, musola, taman bermain anak, tempat parkit hingga jaringan Wi-Fi. Akses yang mudah serta tanpa pungutan alias gratis ini  tentu membuat pengunjung semakin betah berlama-lama di sana.

Peta lokasi:

#2: Taman Buaya Indonesia Jaya

jakarta.panduwisata.co.id

Taman Buaya Indonesia Jaya adalah sebuah penangkaran buaya terbesar di Indonesia, bahkan disebut juga sebagai penangkaran buaya terbesar se Asia. Salah satu tempat wisata Bekasi yang berlokasi di Jalan Raya Serang Cibarusah, Desa Sukaragam, Kabupaten Bekasi ini memiliki koleksi dan jenis buaya  yang berbeda-beda.

Ada buaya muara sumatera yang jumlahnya ratusan, kemudian ada juga buaya kalimantan (moncong panjang), lalu buaya dari papua (warna kulitnya hitam) hingga mengoleksi jenis buaya langka yakni buaya albino.Biasanya Taman Buaya Indonesia Jaya ini akan ramai dikunjungi wisatawan pada weekend atau musim liburan.

Taman ini mulai buka pada pukul 8 pagi dan tutup pukul 4 sore dengan tanda masuk 12 ribu rupiah untuk dewasa serta 6 ribu rupiah untuk anak-anak.Buaya yang ada di sini selain dikembangbiakkan untuk berbagai hal juga dijadikan sebagai buaya atraksi yang akan menghibur para pengunjung yang datang.

peta lokasi:

 

#3: Pantai Mekar

Teluklove.com

 

Tempat wisata di Bekasi yang juga harus dikunjungi adalah Pantai Mekar di Muara Gembong kabupaten Bekasi. Jika datang saat weekend sudah pasti pantai ini sangat ramai baik dari pengunjung lokal hingga luar wilayah seperti Karawang dan Jakarta.

Pantai Mekar di Muara Gembong Bekasi Jawa Barat  memiliki pesona keindahan alam yang sangat menarik untuk dikunjungi. Ombaknya yang tenang serta airnya yang masih tergolong jernih dijamin akan memikat Anda untuk segera menyusuri pantai hingga membasahi tubuh.

Selain ada hutan mangrove, di wilayah Pantai Mekar juga terdapat gazebo yang berada di lepas pantai untuk pengujung agar bisa lebih bersantai. Untuk bisa berwisata ditempat ini, setiap pengunjung dipungut biaya sebesar 20 ribu rupiah.

Peta lokasi:

 

#4: Danau Cibeureum Bekasi

Teluklove.com

Mencari tempat wisata Bekasi berupa situ atau danau? Anda dan keluarga bisa pergi menuju ke danau atau situ Cibeureum. Danau ini berlokasi di Desa Lambang Sari dan separuhnya lagi di Desa Lambang Jaya, serta keduanya berada di Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.

Di dalam danau banyak terdapat ikan air tawar seperti ikan mujair, ikan gabus, ikan mas, ikan lele, dan sebagainya. Tidak salah jika danau ini dijadikan arena untuk pemancingan  bagi warga sekitar atau pun pengunjung terutama saat akhir pekan atau pada hari libur.

Selain pesona alam, daya tarik yang membuat danau di Kabupaten Bekasi tersebut banyak dikunjungi adalah adanya legenda siluman buaya putih. Konon siluman tersebut menghuni kerajaan makhluk halus yang ada di dasar danau. Namun benar atau tidaknya kisah tersebut, danau atau situ Cibeureum selalu dipadati pengunjung yang cukup membayar 5 ribu rupiah sebagai tanda masuknya.

Peta lokasi:

 

#5: Jababeka Botanical Garden

infobanknews.com

Botanical Garden Jababeka adalah kawasan seluas 1000m2 berupa hutan kota Jababeka, Cikarang Baru. Di salah satu tempat wisata bekasi yang gratisan ini memang dikembangbiakkan aneka flora dan fauna sebagai penyeimbang ekosistem kota. Juga telah ditanami ribuan pohon yang rindang sehingga udara disitu terasa sejuk.

Saking indah dan segarnya, Botanical Garden Jababeka kini telah dijadikan sebagai tempat interaksi sosial warga penduduk Cikarang Baru dan sekitarnya.  Jika Anda pada akhir pekan terutama, pada hari Minggu pagi, area wisata ini pasti dipadati warga yang berolah raga atau sekedar menikmati udara sejuk di pagi hari.

peta lokasi:

 

BACA JUGA :

 

#6: Curug Parigi

Jejakpiknik.com

Jangan salah, ternyata ada juga tempat wisata Bekasi yang menyajikan sebuah air terjun. Curug Parigi Bekasi adalah air terjun alami yang berada di sebelah perumahan Vila Nusa Indah, Bekasi. Kendati debit airnya tidak begitu besar dan ketinggiannya tidak seberapa, namun struktur air terjun ini melebar. Sehingga tidak sedikit warga yang menyebutnya sebagai air terjun Niagara mini.

Seiring perkembangan medsos terutama instagram dan facebook, Curug Parigi ini semakin terkenal karena sering dipakai sebagai tempat untuk berswafoto. Sehingga sekarang makin banyak kalangan dan wisatawan datang ke sana yang selain penasaran juga tanda masuknya sangat murah yakni 2 ribu rupiah per orang.

Peta lokasi:

 

#7: Gedung Juang 45

Jakarta-tribunnews.com

Gedung Juang ‘45 yang berlokasi di daerah Tambun ini adalah salah satu tempat wisata di Bekasi yang memberikan edukasi tentang sejarah perjuangan bangsa. Gedung Juang 45 merupakan tempat para pahlawan dahulu mempertahankan Indonesia dari para penjajah Belanda.

Dengan harga tiket masuk sebesar 3 ribu rupiah, gedung Juang 45 menjadi  tempat wisata yang ramai dengan pengunjung pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini cukup indah dan bisa memberikan refleksi suasana pada masa penjajahan dahulu.

Di sebelah Gedung Juang 45 terdapat bangunan Museum Bekasi, di mana di tempat ini terdapat banyak peninggalan pusaka. Contohnya seperti keris, plakat tembaga, foto prasasti Tarumanegara hingga batu. Terdapat juga foto-foto bersejarah sejak zaman penjajahan Belanda, seperti foto suasana Desa Kebalen dan foto Stasiun Kranji tempo dulu.

Peta lokasi:

 

#8: Saung Ranggon

ecek2biker.wordpress.com

Saung Ranggon merupakan salah satu tempat wisata di Bekasi yang menghadirkan bagian dari sejarah yang ada di kota itu. Saung Ranggon yang terletak di daerah Cikedokan, Bekasi ini dibangun oleh Pangeran Rangga (anak dari Pangeran Jayakarta) pada abad ke-16 dengan tujuan sebagai tempat persembunyian dari kejaran Belanda. Namun saung ini baru ditemukan pada tahun 1821 oleh Raden Abbas.

Saung ini memiliki tinggi 2,5 meter diatas permukaan tanah dan untuk menaikinya, terdapat tujuh tangga. Bagian dalam saung ini adalah ruangan yang lapang tanpa sekat maupun jendela. Saung ini telah mengalami renovasi beberapa kali, namun sebagian besar ornamen bangunan ini masih asli.

Wisata Saung Ranggon yang pengunjungnya tidak dikenakan tiket tanda masuk ini memiliki beberapa fasilitas dan pelayanan di antaranya area parkir kendaraan, mushola, tempat makan, toilet dan lain-lain

Peta lokasi:

 

#9: Taman Rusa Kemang Pratama

Lovelybekasi.web.id

Taman yang berlokasi di area perumahan Kemang Pratama, Kelurahan Pekayon ini sudah lama menjadi tempat wisata di Bekasi yang selalu ramai dikunjungi keluarga.  Lokasinya yang sejuk karena banyak terdapat pohon-pohon menarik perhatian warga yang melintasi taman tersebut untuk bersantai sejenak sambil melihat rusa-rusa yang bergerak di atas rumput hijau.

Anda dan keluarga bisa leluasa mengunjungi tempat ini karena selain lokasinya mudah dicapai, pengunjung pun tidak perlu mengeluarkan biaya untuk tiket tanda masuk. Yang dikeluarkan mungkin membayar jasa parkirnya saja.

Kendati hanya melihat binatang rusa berjenis tutul dan jumlahnya sekitar 12 ekor di areal seluas sekitar setengah lapangan bola ini sudah membuat banyak pengunjung dan anak-anak merasa senang. Bhakan tidak sedikit pengunjung yang sengaja membawa buah-buahan dan sayur untuk memberi makan rusa-rusa tersebut.

Peta lokasi:

 

#10: Hutan Mangrove Muara Gembong

gpwisataindonesia.wordpress.com

Wisata Hutan Mangrove di Muara gembong ini menawarkan berbagai pesona keindahan yang menarik bagi pengunjung. Selain pemandangannya yang masih alami, keasrian tempat wisata di Bekasi ini membuat para pengunjung seperti berada di hutan pedalaman. Padahal, lokasinya tidak jauh dari kawasan perkotaan yang padat.

Oleh karena itu, obyek wisata hutan mangrove Muara gembong sangat pas bagi Anda yang ingin melepaskan diri sejenak dari hiruk pikuknya suasana perkotaan. Tidak hanya berupa hutan mangrove, di dalamnya juga terdapat banyak fauna yang tinggal seperti ratusan jenis burung dapat kita temui. Gerombolan lutung Jawa yang juga hidup di kawasan ini.

Pantai Muara gembong dapat dikunjungi setiap hari tanpa dipungut biaya masuk. Bila ingin berpartisipasi dalam kegiatan penanaman mangrove, Anda cukup membayar 5 ribu rupiah untuk 1 bibit bakau.

Peta lokasi:

Demikianlah 10 tempat wisata di Bekasi yang terbilang murah meriah tapi mampu membuat Anda dan keluarga merasa terhibur. Jika sahabat memiliki pengalaman tempat wisata sejenis di Bekasi silahkan saja share dengan kami di kolom komen ya!

Terbaru

Sanksi Sosial dan Efek Jera

Hj Intan Fauzi, SH, LL.MAnggota DPR RI, Dapil Kota Bekasi dan Depok Salah satu sanksi yang tercantum dalam Instruksi Presiden No. 6 Tahun 2020 tentang