Berita

Ulama Depok: Kita Butuh Wakil Rakyat Seperti Hj Intan Fauzi, Benteng Akidah Umat dan Agama

Ulama Depok: Kita Butuh Wakil Rakyat Seperti Hj Intan Fauzi, Benteng Akidah Umat dan Agama

DEPOK-Salah seorang Ulama Depok, KH. Zainuddin Al Bantani mengatakan Indonesia membutuhkan wakil rakyat yang bisa menjadi benteng akidah umat dan agama. Hal ini penting mengingat tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia di era globalisasi dan modernisasi ini semakin kompleks dan beragam, baik dari dalam maupun  dari luar.

“Kita membutuhkan wakil rakyat seperti bu Hj Intan Fauzi yang senantiasa kembali ketengah masyarakat membumikan Pancasila melalui sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan ini. Hal semacam ini sangat penting agar rasa cinta kita kepada bangsa, baik sebagai umat dan anak bangsa semakin kokoh dan kuat,” ujarnya.

Dia mengaku, bangsa Indonesia membutuhkan wakil rakyat yang memiliki komitmen menjaga bangsa ini dari penyusupan paham asing.

Apalagi, di era  globalisai sekarang ini, hampir tidak ada batas Negara sehingga budaya barat berduyun-duyun menyusup masuk menggerogoti budaya asli masyarakat Indonesia. Dampaknya, muncul perilaku yang tidak cinta lagi terhadap budaya sendiri yaitu budaya asli yang secara turun temurun telah diwariskan oleh para leluhur.

“Maka dari itu, kita membutuhkan wakil rakyat yang siap membumikan  nilai-nilai Pancasila. Dan dari semua wakil rakyat yang ada, saya melihat sosok bu Hj Intan, bisa kita andalkan,” ujarnya.

Menurutnya, membangun kesadaran tentang keberadaan Pancasila sebagai ideologi bangsa maupun identitas nasional perlu ditanamkan sedini mungkin. Salah satunya dengan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

“Kita membutuhkan wakil rakyat yang punya komitmen terhadap pendidikan, baik itu ditingkat SD, SMP, SMA, mahasiswa dll. Perkenalkan sedini mungkin apa itu Pancasila. Ini penting agar paham-paham yang bertentangan dengan budaya, nilai-nilai Islam seperti radikalisme, komunisme maupun paham lainnya bisa ditolak,” tegasnya.

Karenanya, perlu adanya kekonsistenan dari seluruh elemen bangsa khususnya para pemimpin negeri ini untuk menjadikan Pancasila sebagai pedoman dalam berpikir dan bertindak.

“Jangan sampai Pancasila ini hanya sekadar wacana di atas mulut saja. Maka Pancasila harus benteng terakhir bangsa menghadapi tantangan yang cukup berat saat ini,” ujarnya.

Selain membumikan Pancasila, Kiai Zainuddin mengatakan wakil rakyat juga harus membumikan falsafah bangsa Indonesia, termasuk memperkenalkan siapa pejuang-pejuang bangsa Indonesia.  Apalagi, kebanyakan pejuang bangsa ini beragama Islam dan pejuang-pejuang Muslim.

“Itulah mengapa pentingnya peningkatan SDM melalui jalur pendidikan yang tepat. Tingkatkan pengetahuan  agama kepada pemeluk agama masing-masing, Insya Allah paham-paham yang tidak sesuai dengan Pancasila ataupun paham yang bertentangan dengan nilai agama kita, tidak bisa masuk ke Indonesia,” tegasnya.

BAGIKAN:

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.